oleh

Jejak “BLA” Jadikan Wisata Edukasi……!

-Ragam Info-20 views

Bandung, GELIATEKONOMI.Com — KETUA DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengusulkan agar 10 Stilasi jejak Bandung Lautan Api menjadi Wisata Edukasi.

Hal itu dilontarkannya usai mengikuti upacara Peringatan Bandung Lautan Api di Balai Kota Bandung, Rabu 24 Maret 2021.  

“Saya mendorong untuk direvitalisasi. Jadi bukan hanya monumen saja, harus ada edukasinya. Kami (DPRD) mohon agar ada tambahan Edukasi,” pintanya.

Menurutnya, 10 Stilasi bisa menjadi Objek Wisata Sejarah. Ia juga menyarankan untuk dibuatkan jalur sepeda, agar Masyarakat maupun Wisatawan mengetahui kawasan itu. 

Geliat Terkait  Wagub Jabar Berharap Rakerda SMSI Jawa Barat, Dapat Melahirkan Rumusan-rumusan Program Kerja Yang Positif, Baik Untuk Anggotanya Maupun Pemerintah……..!

“Agar warga Bandung mengetahui sejarah. Jadikan Wisata Sejarah dengan membuat jalur sepeda,” usulnya.

“Jalur sepeda bisa kerjasama dengan Hotel, sehingga ada kenangan dengan Objek Wisata Sejarah Bandung Lautan Api,” tambah Tedy.

Menurutnya, Budaya Sepeda di masa pandemi ini menjadi daya tarik. Ia katakan, titik yang ada pada Stilasi itu menjadi Jalur Wisata. 

“Budaya sepeda akan menjadi Destinasi menarik. Titik itu kita jadikan Objek atau Wisata, bahkan bisa jadi Event atau Lomba Gerak Jalan,” jelas Tedy. 

Geliat Terkait  Karyawan PT Pos Indonesia (Persero), Mempercepat Dan Memperluas Cakupan Vaksinasi Program Pemerintah……!

Perlu diketahui, untuk memperingati jejak-jejak peristiwa Bandung Lautan Api yang bersejarah, Bandung Heritage bekerjasama dengan sejumlah pihak pada 1997 membuat 10 Stilasi. 

Tidak hanya peristiwa Bandung Lautan Api, Stilasi tersebut juga menunjukkan tempat-tempat yang berkaitan dengan perjuangan merebut kemerdekaan.

Stilasi-stilasi tersebut di antaranya penanda tempat pertama kalinya pembacaan teks proklamasi oleh rakyat Bandung, lokasi persitiwa perobekan bendera Belanda maupun markas para pejuang Bandung Lautan Api.

Geliat Terkait  Media Konvensional Tetap Menjadi Rujukan Utama Untuk Mencari Kebenaran Peristiwa……!

Sebanyak 10 Stilasi Bandung Lautan Api tersebut berada di Jl. Ir H. Juanda – Sultan Agung, Jl. Braga, Jl. Asia-Afrika, Jl. Simpang, SD Dewi Sartika, Jl. Ciguriang.

Sedangkan Empat Stilasi lainnya berada di belakang Kampus Unpas, Jl. Jembatan Baru, Jl. Asmi dan Gereja Gloria. (yan).

Catatan: Stilasi adalah Merubah dari bentuk alamiah menjadi bentuk baru; jenis menggambar dengan menyederhanakan bentuk namun tidak meninggalkan karakter bentuk aslinya. (dikutip dari: Brainly.co.id).

Komentar