oleh

Co-Working Space Bentuk Inovasi Yang Baik Sebagai Upaya Meningkatkan Komunitas Tangguh Di Kota Bandung……!

-Ragam Info-41 views

Bandung, GELIATEKONOMI.Com — OSTUDIO menjadi Juara Lomba Desain Co-Working Space (CWS) 2020. Yang digelar Pemerintah Kota Bandung, melalui Bagian Program, Desain dan Kualitas Pembangunan (Prodekbang).

Pengumuman digelar di Auditorium Balai Kota Bandung, Kamis (10/12/2020) dan dihadiri Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Sementara itu peringkat Ke-Dua diraih CWS -015 yang berlokasi di Kecamatan Coblong, peringkat Ke-Tiga diraih oleh CWS-017 yang berlokasi di Kecamatan Arcamanik, dan Pemenang Favorit diraih CWS -013 yang berlokasi di Kecamatan Cibeunying Kaler.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dalam sambutannya mengatakan co-working space ini bentuk inovasi yang cukup baik sebagai upaya meningkatkan komunitas tangguh di Kota Bandung. Sesuai dengan janji politik Rencana Pembangunan Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023, di setiap kecamatan terdapat satu co-working space.

Geliat Terkait  Menabung Sampah, Bisa Dapat Emas…..!

“Ruang Kolaboratif ini juga termasuk ke dalam program prioritas kepala daerah kota Bandung sebagai pusat pemberdayaan ekonomi dan Kreatifitas masyarakat,” katanya.

Ia berharap, hasil gagasan desain ini bukan hanya menekankan desain fisik, tetapi juga bisa menekankan pada konsep yang ada di komunitas dapat mendorong kemandirian dan meningkatkan ketangguhan masyarakat lokal.

“Konsep Desain ini diharapkan menjadi inspirasi menciptakan ruang bersama yang sensitif terhadap pandemi terutama pandemi Covid-19. Saya mengapresiasi kegiatan sayembara ini dilaksanakan dengan kolaborasi dan sinergi dari banyak pihak,” ujarnya.

Geliat Terkait  Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Ekonomi…….!

“Terutama perangkat Daerah, para Camat di 11 Kecamatan yang menjadi fokus sayembara di bagian Pemerintahan dan bagian Humas. Selamat bagi para pemenang mudah mudahan apa yang dilakukan ini dapat membangun kota Bandung yang sudah baik menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Juara sayembara, OStudio yang diwakili Arum Larasati Winarso menuturkan, konsep besar Desain yang diusung yakni mengkolaborasikan co-working space dengan creatif hub. Co-working space tersebut tidak hanya bermanfaat secara Komersil, tetapi dapat memberdayakan komunitas- komunitas yang ada di kecamatan tersebut.

“Jadi mereka bisa saling membantu, saling menginspirasi. Intinya, sirkulasi pengembangannya lebih mudah. Pemilihan Cibeunying Kaler karena potensi yang ada di sana sudah cukup aktif. Seperti Program Kang Pisman-nya, Buruan Sae-nya dan potensi lahan nya sudah sesuai,” ungkap Laras

Geliat Terkait  UMKM Kota Bandung Akan Tiru Payakumbuh……!

OStudio beranggotakan lima orang alumnus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Arsitektur, yakni Tiffani Rossa Valindia (Ketua), Inas Raras Maheningtyas, Aviannisa Putri Hadi, Nadia Ayu Muthia Fahila, dan Arum Larasati Winarso.

Laras menambahkan untuk awal pembangunan rencananya dimulai pada tahun 2021. Ia berharap, CWS bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Tujuannya warga berani untuk berkreativitas. Warga berani untuk memulai berbisnis, sehingga bisa mandiri dan berkembang. Apabila CWS ini dapat terbangun maka akan sangat baik,” tuturnya. (Ris).

Komentar