oleh

Kampanye Desa Digital Dan OVOC Patriot Desa, Lewat Pemetaan Partisipatif Dan Masalah Utama Adalah Ekonomi……!

-Ragam Info-32 views

Karawang, GELIATEKONOMI.Com —
DALAM upaya mengkampanyekan Gerbang Desa, Desa Digital dan One Village One Company (OVOC), Patriot Desa Mekarasih, Kabupaten Karawang. Menggelar kegiatan pemetaan partisipatif warga Desa.

Acara ini dilaksanakan, Rabu (11/11/2020) di Aula Desa Mekarasih, Jl. Cikalong-Cilamaya, Banyusari Karawang. Dan dihadiri oleh dua Patriot Desa yakni Eki Krisna Sapira dan Rima Holisoh.

Salasatu Patriot Desa, Eki Krisna Sapira menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sosialisasi kepada warga Desa Mekarasih dari berbagai kalangan dengan keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

“Tujuan pemetaan ini adalah agar bisa mengetahui permasalahan dan potensi yang ada di Desa,” ucapnya.

Geliat Terkait  Pelaku UMKM Di Daerah Ini Walaupun Pandemi Covid-19, Tetap Memberdayakan Masyarakat Sekitar……!

Di samping itu, lanjut Eki pemetaan partisipatif sendiri merupakan salasatu langkah awal dari kegiatan Patriot Desa. Untuk mengembangkan program Pemerintah Pemprov yakni menjadi salasatu tugas Patriot Desa. Untuk mengkampanyekan Gerbang Desa, Desa Digital dan One Village One Company (OVOC).

“Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 warga dari berbagai kalangan, Petani, Peternak, Pembudidaya Jamur, RT, RW, Kadus, Perangkat Desa, termasuk Kepala Desa setempat,” ulasnya.

Sementara itu, Patriot Desa lainnya, Rima Holisoh menambahkan bahwa kegiatan ini meliputi sosialisasi mengenai kegiatan pemetaan partisipatif. Untuk mengetahui permasalahan yang ada di Desa lewat Voting.

“Dari kegiatan ini diketahui mana masalah yang paling fundamental yang dihadapi warga, mulai dari pertama masalah Ekonomi, Ke-Dua masalah lingkungan meliputi Sampah, Cuaca Panas, banyak MCK yang kondisinya tidak layak, Ke-Tiga masalah Sosial seperti Hamil di luar pernikahan dan Janda, Ke-Empat masalah SDM yang kurang Produktif karena kurang memiliki keterampilan,” paparnya.

Geliat Terkait  Graha HMI Bandung Akan Menginkubasi Start Up Kader HMI Pelaku Industry Kreatif Produk Halal……..!

Selain itu Patriot Desa juga, menelaah mengenai beberapa hal indikator dari setiap permasalahan. Seperti ketertinggalan baik itu Sumber Dayaanusia, akses informasi, kenaikan bahan pokok, tidak ada pemasukan atau penghasilan, banyaknya pengangguran. Karena minimnya lapangan pekerjaan, kurangnya keterampilan, masalah gotong royong antar warga dan tidak adanya ketersediaan Modal Usaha.

“Selain menggali permasalahan, kami juga menggali potensi yang ada di Desa seperti Pertanian, kemudian Sumber Daya Alam seperti air melimpah, tanah warga yang cukup luas terutama pekarangan rumah, budidaya jamur merang, peternakan dan Sumber Daya Manusia yang bisa ditingkatkan,” ulasnya.

Geliat Terkait  Kiriman Paket Ke Luar Negeri Lewat Jasa Pos Indonesia, Wajib Mengisi Custom Declaration System……..!

Kedepan lanjut Rima, warga Desa juga akan menindaklanjuti dengan menggali satu usaha unggulan. Untuk meningkatkan Ekonomi serta peningkatan SDM seperti adanya pelatihan atau bimbingan keterampilan dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

“Kami berharap semoga warga Mekarasih bisa memahami makna pemetaan partisipatif yang diadakan oleh Patriot Desa dan bisa menunjang permasalahan yang ada,” tutupnya. (Tiwi Kasavela).

Komentar